IDENTIFIKASI FAKTOR – FAKTOR YANG MENJADI PILIHAN KONSUMEN DALAM PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO DI KOTA KLATEN

Yuli Pratiwi, Anis Marjukah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh atau hubungan
antara motivasi konsumen dengan keputusan pembelian, dan mengetahui motivasi yang
paling dominan mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian sepeda motor
Yamaha Mio. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen
yang mempunyai sekaligus pemakai sepeda motor Yamaha Mio di Kota Klaten . Sampel
penelitian ini adalah 105 konsumen yang dianggap telah cukup mewakili populasi yang
diteliti. Dan variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah : harga, kualitas,
layanan purna jual, model / bentuk, serta harga diri. Teknik penarikan sampel
menggunakan “Convinience Sampling”.
Dari hasil uji validitas dan reliabilitas diperoleh : Semua pertanyaan variabel
harga, kualitas,layanan purna jual, model/bentuk,serta harga diri reliabel dengan
koefisien Alpha sebesar 0,769 untuk variabel harga; 0,784 untuk variabel kualitas;
0,779 untuk variabel layanan purna jual; 0,741 untuk variabel model/bentuk; 0,801
untuk variabel harga diri; dan 0,802 untuk variabel keputusan pembelian. Metode
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini
pada taraf signifikan 10% adalah : (1) Harga berpengruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian,hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan sebesar 0,037
persamaan regresi Y = 10,594 + 0,340 X
1
(2) Kualitas tidak berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukka oleh nilai signifikan sebesar 0,786
persamaan regresi Y = 10,594 + -0,033 X
2
(3) Layanan purna jual tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukka oleh nilai signifikan
sebesar 0,833 persamaan regresi Y = 10,594 + -0,032 X
3
. (4) Model / Bentuk tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukka oleh nilai
signifikan sebesar 0,474 persamaan regresi Y = 10,594 + 0,108 X
4
. Harga diri
berpengruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian,hal ini ditunjukkan
oleh nilai signifikan sebesar 0,058 persamaan regresi Y = 10,594 + 0,246 X
5
Berdasarkan hasil kuisioner dan wawancara yang dilakukan oleh penulis guna
memperoleh data yang dibutuhkan serta dengan pendekatan ilmu dan alat analisis
tersebut dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang positif dari faktor harga, dan harga
diri terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio di Kota Klaten. Faktor
harga merupakan faktor yang paling dominan pengaruhnya pada pembentukan
keputusan pembelian pada Konsumen dalam membeli Sepeda Motor Yamaha Mio di
Kota Klaten.

Kata kunci : Harga, Kualitas, Layanan Purna Jual, Model / Bentuk, Harga Diri dan
keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.