PENGARUH EFEKTIVITAS PENANGGULANGAN KENDALA-KENDALA PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KLATEN IKK KARANGANOM

Abdul Haris, Warjanik .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penanggulangan kendala-kendala pemasaran
terhadap loyalitas pelanggan PDAM Kabupaten Klaten IKK Karanganom.Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode untuk mengumpulkan data dengan angket,
interview dan observasi. Dalam penelitian ini diambil 50 orang pelanggan PDAM Klaten IKK
Karanganom sebagai sampel. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas (X) yaitu
evektifitas penanggulangan kendala-kendala pemasaran dan variabel terikat (Y) yaitu loyalitas
pelanggan. Teknik analisis data dengan analisis korelasi Product Moment. Dari hasil analisis
pembuktian hipotesis dengan uji t diperoleh Nilai t hitung 4,88 yang lebih besar dari t tabel 2,021
maka hipotesis altenatif diterima (HA ≠ 0) dan Ho = o ditolak pada taraf signifikansi 0,05,
kesimpulannya hipotesis dapat diterima atau terbukti bahwa ada pengaruh antara efektivitas
penanggulangan kendala-kendala pemasaran terhadap loyalitas pelanggan PDAM Kabupaten Klaten
IKK Karanganom.



Keywords : efektivitas penanggulangan kendala pemasaran, loyalitas kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.