PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE KLATEN

Weny Kusumawati, Anis Marjukah

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Seberapa besar pengaruh kualitas
produk, harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen di Matahari Department Store
Klate. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk, harga dan
konsumen berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Matahari Department Store Klaten.
Lingkup penelitian ini di wilayah Kabupaten Klaten, di Matahari Department Store
Klaten. Subjek penelitian ini adalah konsumen yang pernah datang dan berbelanja di
Matahari Department Store Klaten. Adapun tekhnik pengambilan sampel dengan kuesioner
yaitu mengumpulkan informasi dengan menyampaikan sejumlah pertanyaan tertulis untuk
dijawan secara tertulis oleh responden. Analisis data menggunakan metode regresi linier
berganda, karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel. Pengujian statistik
dengan Uji F (simultan) dan uji T (parsial).
Berdasarkan deskripsi data, karakteristik responden mayoritas adalah berjenis
kelamin perempuan, usia 25 sampai 30 tahun, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga.
Sedangkan berdasarkan analisis data yang diperoleh kualitas produk (X1), harga (X2) dan
promosi (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) di Matahari
Department Store Klaten. Besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat
dalam penelitian ini ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 56,9% dan yang lainnya
dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti.

Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi, Kepuasan Konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.