MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAK MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

FX Sumarna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Katolik
pada pokok bahasan Peran Roh Kudus dan Gereja sebagai Pesersekutuan melalui implementasi penilaian hasil
belajar, dan 2) mendeskripsikan respon siswa terhadap model pembelajaran dengan menggunakan model
Discovery Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan 11 orang siswa beragama
katolik kelas VIIId SMP Negeri 1 Berbah Sleman pada tahun pelajaran 2014/2015. Tindakan dilakukan dalam
tiga siklus pembelajaran. Data dikumpulkan dengan pedoman observasi, tes pada masing-masing siklus, dan
dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan keaktifan, nilai prestasi dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Katolik (PAK) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Terjadi peningkatan perolehan achievement
belajar siswa sebesar 18,27 dalam perbandingan perolehan pada siklus I ke siklus II dan 9,09% dalam perbandingan
perolehan pada siklus II ke siklus III dalam segi hasil belajar. Dengan dapat diperolehnya nilai siswa (dari skor
rata-rata sebesar 63,54% dengan kualifikasi rendah pada siklus I menjadi sebesar 81,81% dengan kualifikasi
tinggi pada siklus II, dan sebesar 90,90% dengan kualifikasi sangat tinggi pada siklus III). Keaktifan dalam
belajar mempunyai peran yang sangat positif. Sedangkan ketuntasan minimal, selalu mengalami peningkatan
yang dibuktikan dengan prestasi yang tidak tuntas pada siklus I, tuntas pada siklus II, dan lebih tuntas lagi pada
siklus III. Dengan demikian respon siswa terhadap penggunaan metode Discovery Learning dalam pembelajaran
Pendidikan agama Katolik adalah sangat positif.
Kata Kunci: Discovery Learning, keaktifan, prestasi belajar

Full Text:

PDF