MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SD N 2 BARENGLOR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Suyanta ., Tini ., Iisrohli Irawati

Abstract


Pendekatan Kontekstual digunakan dalam penelitian ini dengan teknik PTK (penelitian Tindakan
Kelas). Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan  menulis  teks narasi pada siswa kelas IV SD N 2
Barenglor Klaten Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak
II siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian adalah guru dan siswa. Analisis data yang
digunakan adalah analisis komparatif. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan,
pengamatan dan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai dasar untuk menyusun rencana tindakan selanjutnya.
Dengan pendekatan kontekstual permasalahan dalam pembelajaran sedikit demi sedikit dapat di atasi. Kemampuan
dan minat menulis siswa dapat meningkat. Pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual menerapkan
tujuh komponen yaitu kontruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, menggunakan model, refleksi
dan penilaian sebenarnya.
Kata Kunci : Pendekatan kontekstual, menulis narasi, PTK

Full Text:

PDF