QUESTION – ANSWER RELATIONSHIP (QAR) AS ONE OF ACTIVE LEARNING STRATEGIES IN TEACHING READING

Umi Sholihah

Abstract


Tujuan dari makalah ini adalah untuk memberikan alternatif strategi dalam mengajar reading
/ membaca. Cara mengajar yang sekarang ini ditekankan adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran
Active Learning. Pembelajaran Active Learning menuntut para peserta didik untuk aktif dalam proses
pembelajaran. Pembelajaran Active Learning juga dikenal dengan pembelajaran Students-Centered. Ada
beberapa macam strategi dalam pembelajaran Active Learning. Pemilihan strategi atau metode disesuaikan
dengan materi pembelajaran atau skill yang akan dicapai. Makalah ini memaparkan tentang strategi Question
– Answer Relationship (QAR) dalam mengajar reading skill (kemampuan membaca). QAR merupakan salah
satu strategi dalam Active Learning yang terbukti dapat meningkatkan minat dan kemampuan peserta didik
dalam belajar reading. Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi mana informasi yang mereka gunakan
untuk menjawab pertanyaan tentang bacaan tersebut adalah informasi tersirat, informasi tersurat, atau informasi
yang berdasarkan latar belakang pengetahuan peserta didik itu sendiri. Dengan menggunakan strategi QAR,
peserta didik akan dapat mengenali kemungkinan letak jawaban dengan mengklasifikasikan pertanyaan
berdasarkan tipenya sehingga dapat mengetahui kemampuan mereka dalam memahami bacaan.
Kata kunci: Question-Answer Relationship (QAR), teaching reading

Full Text:

PDF