TRANSFORMASI PEMBELAJARAN INTERKULTURAL MELALUI ENGLISH TALK CLUB (ETC): PENINGKATAN BERBICARA MAHASISWA ASING
DOI:
https://doi.org/10.54840/widharma.v4i02.393Keywords:
transformasi, interkultural, ETC, berbicara, pembelajaranAbstract
Di masa transformasi global, kemampuan berbicara Bahasa Inggris menjadi kebutuhan penting bagi mahasiswa untuk menunjang komunikasi internasional dan pengembangan karier. Namun, masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan berbahasa lisan karena minimnya praktik dan interaksi nyata. Kegiatan English Talk Club (ETC) hadir sebagai solusi inovatif untuk mengatasi kendala tersebut melalui pendekatan pertukaran budaya. Program PkM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa lokal, memfasilitasi pertukaran budaya antar mahasiswa, dan membentuk komunitas belajar bahasa yang aktif dan berkelanjutan Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif melalui sosialisasi, pelaksanaan diskusi tematik mingguan, pendampingan, evaluasi, dan refleksi. Kegiatan ini melibatkan 60 peserta yang terdiri dari mahasiswa anggota ETC Universitas Pekalongan dan mahasiswa asing dari Mariano Marcos State Univeristy, Filipina. Hasil kegiatan PkM menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri dan kelancaran berbicara mahasiswa, serta motivasi tinggi dari mahasiswa asing untuk mempraktikkan Bahasa Inggris dan mengenal budaya lokal. ETC berkembang secara organik melalui media daring dan partisipasi aktif mahasiswa lintas program studi. Dapat disimpulkan bahwa ETC merupakan strategi efektif dalam pembelajaran Bahasa berbasis komunitas dan budaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Inayatul Ulya, Sarlita D. Matra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.