TRANSFORMASI PEMBELAJARAN INTERKULTURAL MELALUI ENGLISH TALK CLUB (ETC): PENINGKATAN BERBICARA MAHASISWA ASING

Authors

  • Inayatul Ulya Universitas Pekalongan
  • Sarlita D. Matra Univeristas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.54840/widharma.v4i02.393

Keywords:

transformasi, interkultural, ETC, berbicara, pembelajaran

Abstract

Di masa transformasi global, kemampuan berbicara Bahasa Inggris menjadi kebutuhan penting bagi mahasiswa untuk menunjang komunikasi internasional dan pengembangan karier. Namun, masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan berbahasa lisan karena minimnya praktik dan interaksi nyata. Kegiatan English Talk Club (ETC) hadir sebagai solusi inovatif untuk mengatasi kendala tersebut melalui pendekatan pertukaran budaya. Program PkM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa lokal, memfasilitasi pertukaran budaya antar mahasiswa, dan membentuk komunitas belajar bahasa yang aktif dan berkelanjutan Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif melalui sosialisasi, pelaksanaan diskusi tematik mingguan, pendampingan, evaluasi, dan refleksi. Kegiatan ini melibatkan 60 peserta yang terdiri dari mahasiswa anggota ETC Universitas Pekalongan dan mahasiswa asing dari Mariano Marcos State Univeristy, Filipina. Hasil kegiatan PkM menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri dan kelancaran berbicara mahasiswa, serta motivasi tinggi dari mahasiswa asing untuk mempraktikkan Bahasa Inggris dan mengenal budaya lokal. ETC berkembang secara organik melalui media daring dan partisipasi aktif mahasiswa lintas program studi. Dapat disimpulkan bahwa ETC merupakan strategi efektif dalam pembelajaran Bahasa berbasis komunitas dan budaya.

Author Biographies

Inayatul Ulya, Universitas Pekalongan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sarlita D. Matra, Univeristas Pekalongan

Dr. Sarlita d.Matra,M.Pd., an esteemed academic in the field of English Education, serves as a lecturer in the English Language Education program at Universitas Pekalongan. With a doctorate in English Education from Semarang State University (UNNES) in 2017. Her research focuses on the integration of Information and Communication Technology (ICT) and the Internet of Things (IoT) in English language teaching. Her work emphasizes innovative, technology-enhanced approaches to pedagogy, aiming to create dynamic, interactive, and effective learning environments. Her ultimate goal is to inspire lifelong learning and to empower educators and learners to embrace the potential of technology in education.

Downloads

Published

04-08-2025