Pengumpulan Data Persepsi Internal dan Eksternal dalam Rangka Pengukuran Indeks Tata Kelola Online (ITK-O) Polres Klaten Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.54840/widharma.v2i01.88Keywords:
ITK-O, reformasi birokrasi, tata kelola, good government, PolriAbstract
Indeks Tata Kepolisian (ITK) merupakan alat untuk mengukur sejauh mana kinerja tata kelola kepolisian baik di level Mabes, Polda maupun Polres menggunakan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik. Pengukuran ITK ini telah dilaksanakan sejak tahun 2015 berdasarkan semangat untuk mewujudkan profesionalisme Polri yang bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme. Pengukuran ini menerapkan prinsip tata kelola kepolisian yang baik: kompetensi, responsif, perilaku, transparansi, keadilan, efektivitas dan akuntabilitas. Penilaian persepsional dari pihak internal dan eksternal atas layanan Polres Klaten meliputi: SIM, SKCK, BPKB, tilang, sidik jari, dan pengaduan masyarakat dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pelayanan, rawan pungutan liar, KKN dalam proses pengurusan administrasi. Dengan melibatkan total 98 responden yang terdiri dari 51 responden internal dan 47 responden eksternal, pengukuran ITK-O Polres Klaten dilakukan secara serempak di Aula Satya Haprabu Polres Klaten pada 26 Oktober 2022. Keseluruhan responden mengisi survei secara daring melalui smartphone masing-masing. Kendala teknis yang dihadapi lebih banyak disebabkan dari faktor aplikasi ITK yang kurang mobile-friendly sehingga keterbacaan teks kurang maksimal. Di sisi lain, karena sistem tidak dapat menyimpan hasil jawaban secara otomatis dari setiap pertanyaan yang dijawab, terpaksa beberapa responden mengulang pengisian dari awal karena salah pencet tombol ketika unggah identitas diri.