PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF GRUP INVESTIGASI SISWA KELAS VIIIE SMP N 1 SIMO, BOYOLALI

Authors

  • Dhiva Maulida Rizqi Nur'aini Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Isnaini Nurrahmah SMP Negeri 1 Simo

DOI:

https://doi.org/10.54840/juwita.v1i1.1

Keywords:

keterampilan menulis, cooperative learning, metode GI, teks berita

Abstract

Menulis teks berita bukan hanya dibutuhkan aspek pengetahuan, namun yang lebih utama adalah aspek keterampilan, terlebih dalam hal keterampilannya. Riset tindakan kelas mengimplementasikan metode kooperatif tipe grup investigasi. Kajian ini bertujuan mengetahui (1) apakah keterampilan menulis teks berita dapat meningkat melalui penerapan metode grup investigasi dan (2) apakah keaktifan, kerja sama, kreativitas, inisiatif, minat, dan motivasi belajar dapat meningkat dengan penerapan metode grup investigasi. Kajian ini menerapkan model PTK. Subjeknya siswa VIIIE SMP Negeri 1 Simo, Boyolali. Data dikumpulkan dengan tes, interviu, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dengan persentase dan  interaktif model. Hasil kajian dari pre-cycle, first-cycle, dan second-cycle dilaporkan berikut.  Siswa tuntas 10; 26; 32.  Siswa belum tuntas 22; 6; 0. Nilai tertinggi 92; 94; 97. Nilai terendah 57; 75; 77. Rata-rata nilai 73,15; 79,74; 85,65. Proses pembelajaran; rata-rata keaktifan 2,10; 3,19; 3,52. Kerja sama 2,13; 3,16; 3.55. Inisiatif 2,06; 3,13; 3.5. Kreativitas 2,03; 3,0; 3.58. Minat 2,0;3,19;3,58 Motivasi: 2,0; 3,0 ; 3,52. Rata-rata 2.0; 3,0; 3.52.

 

Published

2022-06-20

How to Cite

Dhiva Maulida Rizqi Nur’aini, & Nurrahmah, I. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF GRUP INVESTIGASI SISWA KELAS VIIIE SMP N 1 SIMO, BOYOLALI. WIDYA DIDAKTIKA - Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.54840/juwita.v1i1.1

Issue

Section

Articles