ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SISWA SEKOLAH DASAR KELAS III MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE

Authors

  • Muhammad Rizky Primanandita PGSD FKIP Universitas PGRI Yogyakarta
  • Heru Purnomo PGSD FKIP Universitas PGRI Yogyakarta
  • Rian Nurizka PGSD FKIP Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.54840/juwita.v3i1.274

Abstract

Tujuan utama dari penelitian untuk mengevaluasi kefektifan model kooperatif “Think Talk Write” untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat siswa kelas III SD. Penelitian yang dilakukan bersifat kualitatif dengan menggunakan Teknik deskriptf. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif, yaitu menyajikan temuan dalam format naratif yang disertai persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa kelas III SD Muhammadiyah Ambarbinangun menunjukkan Kemahiran yang kuat dalam menulis kalimat sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 15 siswa (mewakili 65% dari total) mencapai tingkat kemahiran tinggi dengan klasifikasi “Sangat Baik”. Selain itu, 5 siswa (22% dari total) tergolong “Baik”, dan 3 siswa (13% dari total) dianggap memiliki keterampilan menulis yang cukup. Secara keseluruhan, kesimpulannya adalah kemampuan menulis siswa di kelas III secara umum baik, sebanyak 20 siswa (65% + 22% = 87%) mencapai tingkat kemahiran Sangat Baik atau Baik.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Muhammad Rizky Primanandita, Heru Purnomo, & Rian Nurizka. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SISWA SEKOLAH DASAR KELAS III MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE. WIDYA DIDAKTIKA - Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 61–69. https://doi.org/10.54840/juwita.v3i1.274