PEMETAAN POSISI PERSAINGAN COFFEE SHOP DI KOTA KLATEN BERBASIS KEUNGGULAN MUTU LAYANAN
DOI:
https://doi.org/10.54840/wijob.v2i2.180Keywords:
Positioning, Coffee Shop, Multidimensional ScalingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peta posisi persaingan coffee shop di Kota Klaten berbasis keunggulan mutu layanan dengan menggunakan uji multidimensional scaling (MDS). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sedang berkunjung pada lima coffee shop dan masyarakat di Kota Klaten. Sebanyak 100 responden dipilih dengan menggunakan teknik purposive sample, yaitu kuesioner dikirimkan langsung ke masing-masing kedai kopi dan dengan menggunakan media internet (Google Forms). Fitur penskalaan multidimensi SPSS versi 26 digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Atribut dalam kuesioner meliputi bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Hasil dari penelitian ini yaitu dengan terbentuknya model positioning masing-masing coffee shop berbasis keunggulan mutu layanan sehingga tercipta posisi sesuai dengan keunggulan bersaing masing-masing coffee shop agar mampu menghadapi semakin ketatnya persaingan di tengah menjamurnya coffee shop di Kota Klaten di masa mendatang.