MODEL PERILAKU BELI VAKSIN BERLABEL HALAL PADA KONSUMEN MUSLIM: SUATU KONSEPTUAL MODEL

Authors

  • Arif Julianto Sri Nugroho Universitas Widya Dharma Klaten
  • Gunawan Budi Santoso Universitas Widya Dharma Klaten
  • Nanik Herawati Universitas Widya Dharma Klaten

DOI:

https://doi.org/10.54840/wijob.v3i2.295

Keywords:

perilaku beli; vaksin label halal; determinan halal ; religiusitas terpersepsi ; komunitas

Abstract

Tujuan penelitian ini menguji peubah gayut perilaku beli vaksin berlabel halal dipengaruhi tiga peubah bebas yaitu nilai- nilai keyakinan konsumen terhadap vaksin label halal, keamanan-produk terpersepsi dan kesehatan-produk terpersepsi dengan satu peubah pemoderasi religiusitas-terpersepsi. Disain penelitian berupa riset kuantitatif survey. Teknik pengambilan sampel dalam riset awaltahun pertama dilakukan secara purposive sampling. Responden diambil  sebagai sampel  merupakan konsumen Muslim dewasa yang telah mengonsumsi vaksin label halal Flu-Bio, CoronaVac dan Vac2Bio di wilayah Kabupaten Klaten sejumlah 100 responden. Uji kuantitatif terhadap model dilakukan secara Structural Equation Model. Tahapan  uji model meliputi uji kesahihan dan keandalan indikator, uji deskriptif responden dan deskriptif peubah, uji statistik inferensial, uji asumsi klasik serta uji peubah moderator multi-grup. Uji peubah pemoderasi menggunakan alat bantu program statistik perangkat lunak  AMOS 21

Author Biography

Arif Julianto Sri Nugroho, Universitas Widya Dharma Klaten

Fakultas Ekonomi

Downloads

Published

2024-11-30