MODEL PERILAKU BELI VAKSIN BERLABEL HALAL PADA KONSUMEN MUSLIM: SUATU KONSEPTUAL MODEL
DOI:
https://doi.org/10.54840/wijob.v3i2.295Keywords:
perilaku beli; vaksin label halal; determinan halal ; religiusitas terpersepsi ; komunitasAbstract
Tujuan penelitian ini menguji peubah gayut perilaku beli vaksin berlabel halal dipengaruhi tiga peubah bebas yaitu nilai- nilai keyakinan konsumen terhadap vaksin label halal, keamanan-produk terpersepsi dan kesehatan-produk terpersepsi dengan satu peubah pemoderasi religiusitas-terpersepsi. Disain penelitian berupa riset kuantitatif survey. Teknik pengambilan sampel dalam riset awaltahun pertama dilakukan secara purposive sampling. Responden diambil sebagai sampel merupakan konsumen Muslim dewasa yang telah mengonsumsi vaksin label halal Flu-Bio, CoronaVac dan Vac2Bio di wilayah Kabupaten Klaten sejumlah 100 responden. Uji kuantitatif terhadap model dilakukan secara Structural Equation Model. Tahapan uji model meliputi uji kesahihan dan keandalan indikator, uji deskriptif responden dan deskriptif peubah, uji statistik inferensial, uji asumsi klasik serta uji peubah moderator multi-grup. Uji peubah pemoderasi menggunakan alat bantu program statistik perangkat lunak AMOS 21