AUTHOR GUIDELINES

Author Guidelines

 

Pedoman Penulis (Pedoman Penulis)

 

Artikel yang dikirim ke WIDHARMA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat merupakan hasil pengabdian yang memenuhi standar penulisan ilmiah dan tidak sedang dalam proses publikasi di jurnal lain.

 

FORMAT UMUM PENULISAN

 

  1. Artikel diketik dengan spasi tunggal,
  2. Tiap-tiap paragraf dimulai dengan tab 0,5 menjorok ke dalam.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan ukuran huruf 11 poin, jenis huruf Times New Roman, dan menggunakan kertas ukuran A4.
  4. Penulisan margin : Batas atas, bawah, sisi kiri dan kanan 1 inci.
  5. Panjang tulisan berkisar antara 15-20 halaman dan tidak termasuk daftar pustaka.
  6. Halaman, termasuk referensi dan lampiran harus diberi nomor urut.
  7. Subjudul ditulis rata kiri dengan huruf besar yang ditebalkan, jenis huruf Times New Roman, dan ukuran 11.
  8. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut. Judul tabel harus merepresentasikan isi tabel dan gambar yang ditulis dengan rata tengah. Sumber Tabel dan Gambar harus dicantumkan.

 

SISTEMATIKA PENULISAN

JUDUL

  1. Judul harus mencerminkan isi artikel yang ditulis dengan singkat. (jenis huruf candara, ukuran 14 poin, huruf besar, tebal, rata tengah)
  2. Penulisan Nama, alamat e-mail, dan asal institusi di judul. Gelar akademik tidak perlu dicantumkan. (jenis huruf Candara, ukuran 11 poin, rata tengah)
  3. Jika artikel yang ditulis oleh lebih dari satu penulis, maka nama penulis yang menjadi penulis yang bersangkutan harus dinyatakan secara jelas.

 

PENDAHULUAN

 

 ABSTRAK DAN KATA KUNCI.

 

Abstrak ringkasan mengenai masalah penelitian, tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ± 200 kata dan diikuti dengan penulisan kata kunci. Abstrak dalam bahasa Inggris ditulis dengan cetak miring. Kata kunci terdiri dari 3-5 suku kata yang mencerminkan konsep-konep penting yang digunakan dalam artikel.

 

LATAR BELAKANG

 

Bagian ini memuat latar belakang, tujuan atau motivasi yang dipicu oleh keberadaan suatu fenomena dan juga memuat kontribusi penelitian.

 

PERUMUSAN MASALAH

 

Bagian ini berisi kajian-kajian teori dan pengembangan argumen yang menjadi dasar dalam masalah perumusan namun perlu ditekankan bahwa artikel yang merupakan hasil pemikiran kritis.

 

 METODE PENELITIAN

 

Bagian ini berisi rancangan penelitian atau desain penelitian yang mencakup model penelitian, prosedur pengambilan sampel, definisi operasional dan pengukuran variabel, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis yang digunakan.

 

PEMBAHASAN

 

Bagian ini menyajikan karakteristik sampel dan hasil analisis data yang terdiri dari statistik deskriptif, diskusi hasil, dan generalisasi hasil temuan.

 

PENUTUP

 

SIMPULAN DAN SARAN

 

Bagian ini merangkuman penelitian, dan saran untuk penelitian berikutnya.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Bagian ini memuat sumber-sumber referensi yang digunakan dan hanya yang digunakan dalam naskah saja yang termuat dalam daftar pustaka.

 

TATA CARA PENGUTIPAN DALAM TEKS

 

Sumber yang diacu dalam tulisan dinyatakan dalam catatan kaki dengan jenis huruf Candara ukuran 9 poin rata kiri.

 

TATA CARA PENULISAN DAFTAR PUSTAKA

Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) yang disusun menurut abjad sesuai dengan nama belakang penulis atau nama institusi.

 

 TABEL DAN GAMBAR

 

  1. Tabel yang dihasilkan oleh perangkat lunak harus terlebih dahulu ditentukan terlebih dahulu agar sesuai dengan tujuan dan tujuan artikel.
  2. Tabel atau gambar diberi nomor urut yang sesuai dan diberi penjelasan dengan mengacu pada nomor tabel atau gambar tersebut.
  3. Tabel atau gambar yang merupakan kutipan harus dicari sumbernya.

 

PENGIRIMAN ARTIKEL

 

File yang berisi artikel dalam format Microsoft word (doc, docx)

diupload ke

 

PROSES REVIEW

 

  1. Proses peninjauan tahap pertama dilakukan oleh editor SOEPRA Jurnal Hukum Kesehatan dan jika dinyatakan lolos akan dilanjutkan kepada dewan penyunting.
  2. Proses review tahap kedua dilakukan oleh dewan penyunting secara blind review dengan kemungkinan hasil sebagai berikut: Diterima tanpa perbaikan, Diterima dengan perbaikan atau Ditolak.

 

 

 

Submission Preparation Checklist

 

Sebagai bagian dari proses pengiriman, penulis diminta untuk memeriksa kepatuhan kiriman mereka dengan semua item berikut, dan kiriman dapat dikembalikan ke penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.

  1. Kiriman belum pernah dipublikasikan sebelumnya, atau sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah diberikan di Komentar kepada Editor).
  2. File pengiriman dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks satu spasi; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan menggarisbawahi (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.
  5. Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulis, yang dapat ditemukan di Tentang Jurnal.
  6. Jika mengirimkan ke bagian jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat, instruksi dalam Memastikan Tinjauan Buta telah diikuti.

 

 

Privacy Statement

 

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain mana pun.

 

 

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.